Investasi Kecil-Kecilan Modal Kecil, Yuk Mulai dari Sekarang!

alinea.id

Berkembangnya teknologi informasi saat ini turut mempengaruhi pemahaman masyarakat tentang investasi. Hal tersebut akhirnya menjadikan lahirnya beragam jenis investasi. Termasuk di dalamnya adalah investasi kecil-kecilan yang tidak membutuhkan banyak modal.

Apalagi bagi seorang pemula yang mulai berani melakukan investasi, tentunya lebih senang dan tertarik untuk memulai investasi dengan modal kecil. Keuntungan yang didapat sesuai dengan yang dijanjikan menjadi faktor penarik kini semakin banyak masyarakat yang melek investasi.

Mengapa Harus Melakukan Investasi dan Mengenal Jenis Investasi Kecil-Kecilan

Walaupun informasi tentang pentingnya sebuah investasi saat ini terbilang banyak, tapi belum banyak orang yang berani melakukan investasi. Investasi merupakan suatu hal yang penting dilakukan mulai dari sekarang dengan berbagai alasan, yaitu;

  • Sebagai Pasive Income

Salah satu alasan mengapa harus melakukan investasi kecil-kecilan adalah sebagai bentuk untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Melalui investasi juga kamu akan mendapatkan passive income dengan berbagai nominal yang bisa kamu atur sesuai kemampuan dan kebutuhan.

  • Mempersiapkan Masa Depan

Siapapun tidak ada yang tahu bagaimana gambaran masa depan nantinya. Termasuk salah satunya dalam hal finansial. Seiring bertambahnya usia, kemampuan produktif tentu akan berkurang. Oleh karena itu, agar masa tua nanti tidak bingung tentang finansial yang stabil, investasi saat masih mudah adalah jawaban yang tepat.

Adapun bentuk investasi saat ini beragam bentuknya yang disesuaikan dengan kemampun masyarakat. Jika ingin memulai investasi dengan modal kecil, ketahui dulu beberapa jenisnya seperti di bawah ini agar kamu lebih paham dan tidak tertipu;

1. Emas

Jenis investasi kecil-kecilan untuk pemula yang bisa dicoba adalah emas, utamanya emas batangan. Mulai banyak masyarakat yang melakukan investasi berupa emas karena mudah dipahami, aman dan memiliki kecenderungan nilai yang terus naik tiap tahunnya.

Kelebihan melakukan investasi emas adalah nilainya yang tidak akan tergerus inflasi. Jika pun mengalami penurunan, kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama dan nilai emas akan pulih serta naik secara bertahap.

2. Saham

Jenis selanjutnya adalah saham, dimana dari investasi ini kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Kendati memiliki risiko yang besar, banyak masyarakat yang tertarik untuk investasi saham . Sebagai pemula dan tidak memiliki banyak modal, sebaiknya memulai dengan modal kecil dan jangan langsung tergiur dengan ekspetasu keuntungan yang tinggi agar tidak kecewa suatu hari nanti.

3. Peer to Peer Lending

Investasi kecil-kecilan lainnya yang rekomended adalah peer to peer lending. Jenis investasi ini bisa membuat penggunanya keuntungan yang besar. Skema investasi ini sendiri adalah dengan mempertemukan pihak investor yang memiliki modal dengan pihak peminjam yang membutuhkan modal.

Peer to peer lending akan mempetemukan kedua pihak yang memiliki kesulitan masing-masing hingga tercaiapi tujuan yang diingkan. Peer to peer lending di Indonesia sendiri pemintaya lumayan tinggi karena tergiur keuntungan besar yang dijanjikan.

4. Asuransi

Jenis terakhir yang dapat kamu coba adalah asuransi, yaitu sejenis kontrak yang dapat memberikan manfaat perlindungan dengan premi rendah. Jenis asuransi sendiri banyak sekali misalnya asuransi kematian dan pendidikan. Walaupun banyak minus plusnya, peminat investasi ini lumayan banyak.

Peningkatan jumlah peminatnya dapat dilihat dengan semakin banyaknya kantor asuransi yang berdiri. Walaupun demikian, agar tidak tertipu sebaiknya kamu mengenal jenis asuransi yang akan digunakan serta lembaga atau perusahaan yang menjalankannya.

Investasi kecil-kecilan yang hanya membutuhkan modal sedikit memberikan banyak peluang masyarakat hingga akhirnya mau membuka investasi. Semakin banyak investasi yang dimiliki, maka akan semakin besar kesempatan kamu untuk mendapatkan kebebasan finansial dimulai dari sekarang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama