Selasa, 07 Desember 2021


Sekolah tatap muka sudah mulai kembali dilaksanakan, dimana siswa belajar langsung di sekolah. Kebijakan adanya sekolah tatap muka Ini sempat menimbulkan pro dan kontra baru, di mana banyak anak yang merasa senang karena kembali bertemu dengan teman-temannya dan belajar secara langsung, namun tak sedikit pula orang tua yang merasa khawatir akan kesehatan anaknya, mengingat pandemi belum benar-benar berhenti.

Selama sekolah tatap muka, orang tua berperan penting untuk memastikan anak tercukupi nutrisi dan hidrasi hariannya, supaya imun tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Orang tua harus memilih makanan yang bergizi dan meminta anak untuk banyak minum agar imun terjaga dan daya tahan tubuh kuat.

Lalu, bagaimana kiat menjaga imun anak saat sekolah tatap muka? 

  • Ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.
  • Terapkan protokol kesehatan saat sekolah tatap muka, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan. 
  • Penuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh anak seperti memperbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. 
  • Mengajak anak untuk rajin berolahraga.
  • Menjaga kesehatan mental anak selama sekolah tatap muka. Jangan biarkan mereka merasa kelelahan, dan harus mendapatkan istirahat yang cukup.
  • Dan tentunya menjaga kebutuhan cairan tubuh anak dengan sering minum air mineral berkualitas.
Pasalnya air merupakan komponen utama yang dibutuhkan tubuh manusia, di mana asupan cairan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan usia. Diketahui proporsi air pada anak lebih besar dibanding orang dewasa di mana rata-rata berat badan orang dewasa 60% terdiri dari air, sedangkan pada bayi 70% dari massa tubuhnya adalah air. Hingga akhirnya jumlah komposisinya sama dengan orang dewasa pada saat anak mencapai usia pubertas. 

Memang kebutuhan cairan anak bisa didapatkan dari berbagai sumber baik dari makanan atau minuman. Namun air putih menempati porsi terbesar untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian dari European Food Safety Authority menyatakan bahwa cairan anak yang berasal dari minuman sebanyak 70-80% dan 20-30% nya berasal dari makanan seperti sayur-sayuran atau buah-buahan. Berdasarkan British Nutrition Foundation sumber air terbaik adalah air putih/mineral karena bebas gula dan kalori yang mengganggu kesehatan [4].

Kebutuhan air minum anak harus menjadi perhatian bagi orang tua, karena beberapa anak belum menyadari pentingnya minum air, sehingga mereka tidak memenuhi takaran yang dibutuhkan tubuhnya. Saat sekolah tatap muka, orang tua bisa membekali anak Air mineral kemasan seperti AQUA sesuai kebutuhan mereka. Lalu berapa kebutuhan air anak?

Menurut ikatan dokter anak Indonesia, kebutuhan air minum anak sesuai usia mereka adalah sebagai berikut:

  • Untuk anak usia 7-12 bulan sebanyak 800 ml atau 2 sampai 3 gelas per hari.
  • Anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 1,3 liter atau 5 gelas perhari.
  • Usia 4-8 tahun membutuhkan 1,7 liter atau 6 sampai 7 gelas perhari.
  • Untuk usia 9 sampai 13 tahun membutuhkan 2,1 liter atau 8-10 gelas per hari.
  • Untuk anak usia 14 tahun hingga dewasa membutuhkan 2,1 - 3,3 liter atau 8-10 gelas per hari [3].
Namun perlu diingat, air yang dikonsumsi harus aman dan berkualitas agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya dalam tubuh, seperti diare. Adapun ciri-ciri air yang aman untuk dikonsumsi yaitu tidak bau, tidak berwarna dan tidak mengandung zat berbahaya di dalamnya. 

Alangkah baiknya jika anak mengkonsumsi air mineral, di mana Air ini berbeda dengan air putih biasa. Air mineral memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti selenium, magnesium, kalsium, zinc dan lainnya. 

Anda bisa menyediakan air mineral dari AQUA di rumah untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda dan keluarga. Pasalnya AQUA hadir dalam bentuk kemasan botol dengan berbagai ukuran sehingga cocok untuk persediaan anak selama sekolah tatap muka. Dengan variasi ukuran yang tersedia, Anda bisa menakar kebutuhan cairan tubuh anak dengan tepat.

Kemasan AQUA botol juga di nilai praktis dan mudah dibawa kemana saja. Kemasan botolnya juga ada yang tersedia edisi khusus, di mana desainnya menarik untuk anak, sehingga anak jadi lebih senang serta bersemangat untuk minum air putih. 

Tak perlu ragu dengan kualitas dari AQUA, karena AQUA memiliki tiga perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber air mineral agar tetap lestari, terjaga dan terhindar dari kerusakan manusia, melindungi keaslian dengan cara proses yang alami, dan ketiga proses produksi mineral yang cukup ketat untuk menjaga kualitas hingga ke tangan konsumen.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya air mineral untuk menjaga imun anak selama sekolah tatap muka yang harus Anda perhatikan. Tentunya Anda juga harus memberikan contoh terbaik untuk anak dengan minum air mineral dari AQUA!

0 komentar:

Posting Komentar