Selasa, 17 November 2020

Yuk Simak Cara Menyusun Pakaian Saat Pendakian Melalui Rekomendasi Super Adventure

Pakaian menjadi salah satu kebutuhan krusial yang harus dibawa ketika melakukan pendakian. Dalam melakukan pendakian, kebutuhan pakaian harus dikelola dengan benar. Tujuannya agar pakaian yang dikenakan cocok untuk mendaki. Lantas, bagaimana cara menyusun pakaian yang benar? Mari simak rekomendasi Super Adventure berikut ini.

Mengintip Cara Menyusun Pakaian Ganti Saat Ingin Mendaki

1. Menentukan Lama Perjalanan Pendakian

Hal menadasar yang perlu anda lakukan sebelum mendaki ialah mengetahui berapa lama perjalanan yang nantinya akan ditempuh. Setelah mengetahui lama perjalanan, anda bisa membawa pakaian ganti dengan menyesuaikan kurun waktu tempuh tersebut. Pasalny, untuk mencapai puncak biasanya membutuhkan waktu hingga berhari hari.

Dengan waktu pendakian yang cukup lama, anda bisa mengganti baju yang sudah mulai lusuh dengan baju baru yang sudah disiapkan sebelumnya. Seperti yang anda tahu, lama perjalanan menentukan jumlah pakaian yang harus dibawa. Siapkan satu pakaian yang akan dikenakan, satu lagi untuk cadangan, dan satu lagi untuk persiapan saat dalam kondisi darurat.

2. Memilih Jenis Bahan Kain Pakaian
 
Memilih Jenis Bahan Kain Pakaian

Ada banyak sekali jenis kain di dunia yang bisa digunakan untuk pembuatan baju. Oleh sebab itu, anda perlu menyesuaikan jenis kain sesuai saran Super Adventure. Pilihlah jenis kain yang cukup hangat, bisa kain berbahan fleece maupun wol. Sayangnya, kedua jenis kain tersebut tidak mudah menguap ketika menyerap keringat. Setidaknya anda bisa terlindung dari hawa dingin.

Perlu anda ketahui, suhu udara dan cuaca di gunung merupakan sebuah hal yang sangat sulit ditebak. Jika kedua jenis kain tersebut terkena air hujan, maka tidak menutup kemungkinan suhu badan anda akan menurun dan mengalami kedinginan. Sebagai gantinya, coba bawalah baju dengan jenis kain polyesters, ripstop, dan acrylics.

3. Menentukan Kapan Menggunakan Persediaan Pakaian

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pakaian untuk mendaki, ialah mengetahui kapan akan menggunakan pakaian tersebut. Misalnya, jika pakaian tersebut berbahan wol atau fleece maka bisa dijadikan sebagai lapisan dalam sebelum menggunakan jaket. Jadi, tubuh anda akan tetap hangat meski suhu udara semakin menurun.

Seperti yang dikutip melalui Super Adventure, kedua jenis bahan tersebut hanya cocok jika digunakan saat beristirahat. Jadi, jika anda melanjutkan pendakian, sebaiknya ganti baju terlebih dahulu. Gunakan pakaian yang memiliki jenis kain mudah menyerap keringat. Beberapa jenis kain diantaranya, jersey atau kemeja flanel. Bahan tersebut dapat menyerap keringat secara efisien.

4. Mengemas Beberapa Pakaian Dengan Cara Yang Efisien

 
Mengemas Beberapa Pakaian Dengan Cara Yang Efisien

Anda tentu tahu, bahwa ketika melakukan pendakian tidak boleh membawa barang barang yang berlebihan. Selain memberatkan perjalanan, membawa barang yang berlebihan juga bisa membahayakan diri sendiri. Pasalnya, kondisi jalanan yang terjal dan cukup licin akan sangat berbahaya jika pendaki membawa barang dengan berlebihan dan terkesan berat.

Ketika sedang mendaki, efisiensi tempat dan waktu menjadi suatu hal yang sangat penting. Untuk menghemat tempat dan tenaga ketika membawa barang bawaan, anda bisa melipatnya dengan cara berjejer dengan barang bawaan lain. Anda juga bisa menggulungnya dengan rapi seperti saran Super Adventure. Bawa beberapa baju yang nanti sudah pasti digunakan.

Itulah beberapa tips untuk menyusun pakaian ketika pendakian. Beberapa tips tersebut perlu dilakukan agar perjalanan pendakian aman dan nyaman. Pakaian sendiri merupakan kebutuhan yang bisa dikatakan paling penting ketika mendaki gunung. Jangan lupa untuk membawa baju hangat dan baju penyerap keringat, agar pendakian semakin menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar