Kamis, 17 September 2020

Danau Toba, Keindahan Tiada Tara di Utara Sumatera
Sumber: https://www.tripoto.com/

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba. Danau dengan luas hingga 1.145 km dan kedalaman mencapai 450 meter, yang melambungkan namanya hingga mancanegara karena menjadi danau terbesar se-Asia Tenggara bahkan menjadi salah satu yang terluas di dunia. Tidak hanya karena luasnya, mengunjungi Danau Toba pun harus masuk dalam daftar teratas karena akan membawa Anda ke surga wisata yang sesungguhnya. Banyak kejutan dan fakta menarik yang bisa Anda temukan di sana. Sudah tidak sabar untuk mengetahuianya? Yuk langsung saja kita intip apa yang ada di dalamnya!


Terbentuk dari Letusan Gunung Berapi

Danau Toba adalah salah satu contoh danau vulkanik, yakni danau yang terbentuk karena adanya aktivitas gunung berapi. Aktivitas vulkanik yang membentuk Danau Toba tergolong pada supervulkan yang letusannya menjadi salah satu yang terdahsyat dalam sejarah. Bahkan, letusan ini pun membuat hampir 60% populasi di dunia punah kala itu. Tidak heran jika danau yang terbentuk pun sangat besar.


Salah Satu Danau Vulkanik Terindah

Di balik peristiwa maha dahsyat yang menimbulkan penderitaan pada masa itu, ternyata terbentuk bentang alam yang sangat indah yang bisa dinikmati oleh generasi saat ini. Peristiwa yang sudah terjadi sejak 800.000 tahun yang membuat Danau Toba menjadi danau vulkanik terindah dengan bentang alam yang subur dan melimpah. Ada banyak hal yang  akan Anda kagumi ketika menginjakkan kaki di tempat ini. Barisan perbukitan hijau segar yang menyejukkan mata. Tanah berbatu hasil letusan namun mampu menghasilkan banyak hasil panen yang menjadi salah satu mata pencarian pokok masyarakatnya. Danau jernih dengan berbagai kekayaan bawah air yang bisa diambil kapan saja. Serta sejarah panjang budaya dan sosialnya yang menjadi daya tarik wisata untuk turis baik lokal maupun mancanegara. Danau Toba menyimpan kekayaan yang tiada tara.


Tempat Wisata  

  • Pantai

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Berlibur ke Danau Toba tidak lengkap rasanya jika tidak menyentuh langsung airnya dan  merasakan kesegarannya. Di sekitaran Danau Toba banyak terdapat pantai-pantai yang bisa dikunjungi baik sekadar sebagai tempat perhentian atau menikmati fasilitas yang ada di dalamnya. Jika ingin menikmati dengan banyak fasilitas seperti resort, bermain jestski, banana boat, waterbikes, memancng dan lain sebagainya bisa menunjungi desa Tuktuk Siadong, Pantai Parbaba, atau Tambunan Sunset Beach. Bagi Anda yang mempunyai hobi camping atau sekadar berenang bisa mengunjungi Pantai Paropo, Pantai Lumban Bulbul, atau Pantai Silalahi. Namun jika Anda menginginkan ketenangan di pantai yang masih perawan bisa memilih ke Pantai Batu Hoda atau Pulau Sibandang. Selain berbagai pantai tadi, Danau Toba juga masih punya pantai indah lain dengan kekhasannya masing-masing yang tentunya sayang untuk dilewatkan. 

  • Bukit

Sumber: https://faseberita.id/

Ketika berada di Danau Toba, sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan dengan bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata. Tidak heran jika di sini banyak sekali wisata perbukitan yang memberikan Anda kesempatan untuk melihat Danau Toba dari sisi yang berbeda. Ada bukit Holbung dengan rerumputan hijaunya yang sangat luas. Atau Pusuk Buhit, gunung berapi aktif yang sangat sakral dan kerap dijadikan sebagai tempat ritual atau berdoa bagi masyarakat sekitar. Anda juga bisa ke Menara Pandang Tele, Puncak Sidiangkat, Bukit Indah Simarjarunjung atau Tanjung Unta untuk melihat betapa luas dan indahnya hamparan alam Danau Toba. 

  • Desa Wisata Sejarah

Sumber: http://asiaphotostock.com/

Danau Toba berada di tanah Batak yang terkenal dengan kekentalan adat dan penghormatannya terhadap sejarah serta leluhur. Tidak mengherankan jika di sini banyak sekali desa-desa yang masih tergolong sakral dan mempunyai banyak koleksi peninggalan sejarah. Sebut saja Lembah Bakkara tempat legenda tanah Batak sekaligus pahlawan nasional, Raja Sisingamangaraja XII, lahir. Lembah Bakkara juga mempunyai Aek Sipangolu, yang konon katanya dapat menyembuhkan penyakit apapun dan alirannya tidak berhenti sepanjang masa. Ada lagi desa Ambarita dengan berbagai peninggalan Batak Kuno yang cukup banyak. Memasuki wilayah desa Ambarita, Anda akan disambut oleh patung Pangulu Balang yang dipercaya sebagai penjaga dan penolak roh jahat agar tidak memasuki desa. Ada pula 8 rumah adat berusia ratusan tahun, batu persidangan yang konon digunakan untuk hukumpancung, Tugu Siallagan dan Hau Habonaran (pohon kebenaran) yang berusia sama seperti desa Ambarita. Tidak ketinggalan desa Tomok yang menyimpan berbagai bukti legenda yang bisa dilihat langsung di Desa Tomok, mulai dari sarkofagus batu besar kepala suku Sidabutar, makam Raja-Raja Batak, Museum Batak, gereja tua, batukursi Tomok, patung gajah purba dan Patung Sigale-gale yang sangat terkenal karena bisa beratraksi tari bersama masyarakat asli. Jangan lupa juga mengunjungi desa Holbung yang sudah berusia sekitar 200 tahun. 

  • Air Terjun

Sumber: https://wartawisata.id/

Bumi Batak memang tidak pernah habis menyuguhkan sesuatu yang luar biasa. Jika Danau Toba dinobatkan sebagai salah satu danau terluas, maka di sampingnya ada air terjun yang juga dinobatkan menjadi salah satu air terjun tertinggi. Air terjun Sipiso-Piso yang mempunyai ketinggian sekitar 120 meter dan menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Anda dijamin akan terkagum-kagum ketika berkunjung ke sini. Tingginya air terjun, derasnya air yang jatuh serta pelangi yang kerap menghiasi membuat tempat ini terlihat sangat menakjubkan. Ditambah lagi pemandangan indah danau toba yang menenangkan bisa Anda lihat dari tempat ini. Tentu saja masih banyak lagi air terjun lainnya seperti Situmurun Binangalom, Binanga Bolon, Turunan Bolon/ Air Terjun Naga, dan lain sebagainya. 

  • Pemandian Air Panas

Sumber: https://twitter.com/

Terbentuk dari letusan gunung berapi membuat kaldera raksasa danau Toba juga dikelilingi oleh berbagai pemandian air panas. Sebut saja Aek Rangat Pangururan dan Air Panas Raniate. Lelah dan penat yang Anda bawa dari rumah seketika akan luntur saat berendam di kolam-kolam air panas ini. Ditambah dengan pemandangan bukit putih tempat mengalirnya air panas alami tersebut. 

Sumber: https://www.indonesia.travel/

Dengan keindahan dan harta karun yang tiada tara, tidak salah jika Danau Toba dijadikan sebagai tempat wisata papan atas yang masuk dalam 5 destinasi wisata priorotas bersama dengan Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Kemasi barangmu, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi surga dunia di utara Sumatera ini.

0 komentar:

Posting Komentar