Selasa, 16 Juni 2020

5 Jenis Masker yang Bisa Digunakan untuk Melindungi Diri dari Virus Corona

Di tengah pandemi corona seperti saat ini, kita diwajibkan mengenakan masker. Masker ini harus dikenakan bukan hanya oleh orang yang sakit, namun juga orang yang sehat. Hal ini bertujuan agar orang yang sakit tidak menularkan virusnya dan orang yang sehat tidak tertular viru dari orang lain. Untuk itu, Anda bisa mengenakan masker yang tersedia di pasaran, baik itu masker medis maupun masker kain.

Masker medis tidak hanya terdiri dari masker bedah dan masker N95. Ada banyak jenis masker medis yang bisa digunakan sebagai pelindung. Selain itu, masker kain juga direkomendasikan untuk dipakai, terutama oleh orang-orang yang sehat.

Jenis-jenis masker

Secara lengkap, berikut ini jenis-jenis masker yang bisa dikenakan untuk melindungi diri dari virus, termasuk virus corona.

1. Masker bedah

Masker sekali pakai ini termasuk jenis yang mudah ditemui dengan harga murah. Sayangnya, harga masker bedah ini melambung tinggi karena kelangkaan dan permintaan yang meningkat sejak pandemi corona. Karena itulah pemerintah menghimbau agar masyarakat mengenakan masker kain dan petugas medis mengenakan masker bedah.

2. Masker N95

Selanjutnya adalah masker N95. Masker ini tidak hanya mampu menangkal virus namun juga mampu menangkal partikel berukuran 2.5 mikrometer. Masker ini mempunyai efektifitas yang tinggi. Hanya saja, Anda akan susah bernapas ketika memakainya.

3. Masker N99

Hampir sama dengan masker N95, masker N99 memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Masker N99 juga dilengkapi dengan double-valve yang membuat penggunanya tetap bisa bernapas dengan lega. 

4. Masker P95

Masker dengan kode P ini mampu menyaring partikel yang mengandung minyak. karena itulah masker ini biasa dipakai oleh para pekerja di area pompa bensin, kilang minyak, dapur, hingga pabrik farmasi. Selain menangkal partikel minyak, masker P95 ini juga bisa digunakan untuk menangkal virus corona. 

5. Masker kain

Selain masker medis dan masker pernapasan, Anda juga bisa mengenakan masker kain untuk melindungi diri di tengah ancaman virus corona. Masker dari kain ini juga memiliki kemampuan yang baik dalam menyaring partikel meskipun tidak sebaik masker medis. Kelebihannya adalah masker ini bisa dicuci dan dipakai kembali berkali-kali. Sedangkan masker bedah dan jenis masker medis lainnya hanya bisa dipakai sekali.

Ada beberapa jenis kain yang sangat cocok digunakan sebagai masker, yaitu kantung vacum cleaner, kain serbet, kain katun, dan sejenisnya. Masker dari kain ini bisa meningkat kemampuannya jika Anda membuat 3-4 lapisan sekaligus. Harga masker ini juga relatif murah dan sekarang sangat mudah ditemukan.

Itulah 5 jenis masker yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri dari virus corona. Anda boleh memakai masker bedah atau jenis masker lainnya yang memiliki perlindungan efektif. Namun jika tidak bisa, masker kain yang murah juga sudah cukup. Yang penting, Anda memakai masker daripada tidak sama sekali.

0 komentar:

Posting Komentar